Blog Single

Perawatan Tiap Jenis Kulit

Memiliki wajah dengan kulit yang mulus dan cantik memang merupakan impian setiap wanita. Salah satu cara untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang sempurna adalah melakukan perawatan yang tepat untuk jenis kulit Anda. Para ahli kecantikan menyatakan kalau ada lima jenis kulit wajah yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan juga kulit sensitif.

Setiap jenis kulit wajah memiliki cara masing-masing untuk merawat dan menjauhkannya dari berbagai masalah seperti jerawat maupun minyak berlebih. Kami beri panduan agar wajah Anda semakin mulus! Tidak hanya itu, kami juga sertakan pilihan produk kecantikan untuk bantu Anda mendapatkan kulit idaman itu. Simak semua di sini!

  1. KULIT NORMAL Dianugerahi kulit normal menjadi impian hampir semua wanita karena kulit jenis ini paling sedikit mengalami masalah. Bahkan jerawat pun jarang menghampiri. Namun dengan kemudahan itu bukan berarti Anda bisa seenaknya saja. Untuk mengenali jenis kulit normal, beberapa ciri kulitnya adalah mempunyai pori-pori kecil dengan kadar air dan minyak yang seimbang. Berikut ini kami bagikan lima langkah mudah untuk merawat kulit normal Anda:

    • Biasakan untuk membersihkan wajah Anda pada pagi hari menggunakan penyegar yang mengandung air mawar karena dipercaya bersifat soap-free dan memiliki kadar ph yang netral.
    • Sebelum tidur, basuh wajah Anda dengan pembersih wajah yang mengandung susu. Jangan lupa untuk menggosok lebih keras di area sekitar mata agar tidak ada bekas eye liner yang tertinggal.
    • Setelah kurang lebih 15 menit mencuci muka Anda hingga tidak ada lagi bekas riasan yang menempel, keringkan wajah dengan handuk bersih.
    • Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, biasakan memakai masker wajah yang mengandung pelembap. Hal ini penting untuk menjaga kadar ph Anda.
    • Pastikan Anda tidak mengenakan kosmetik yang mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya, agar kulit wajah tidak bermasalah.

  2. KULIT KERING Kulit jenis ini biasanya tidak selalu terlihat kering melainkan sedikit bersisik dan bila diperhatikan muncul rona warna yang lebih gelap di beberapa area. Beberapa faktor yang menyebabkan masalah kulit kering ini biasanya adalah terlalu lama di dalam ruangan ber-AC atau kurang minum air putih. Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, kami punya solusinya.

    • Jika Anda memiliki kulit dengan jenis kering sebaiknya saat memilih kosmetik pastikan yang terbuat dari bahan-bahan natural. Beberapa bahan dari alam yang baik dan memberi kelembapan untuk kulit Anda antara lain adalah shea-butter dan virgin coconut oil.
    • Biasakan untuk selalu mengaplikasikan penyegar minimal dua kali sehari sebelum memakai riasan apapun untuk mencegah alergi terhadap suatu jenis kosmetik.
    • Biasakan untuk membersihkan wajah dengan sabun wajah agar kulit tetap terjaga kesegaran dan kesehatannya.
    • Bila Anda berada di dalam ruangan ber-AC dalam waktu yang lama, gunakan pelembap untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

  3. KULIT BERMINYAK
    Bila Anda mempunyai jenis kulit wajah yang berminyak sebaiknya jangan terlalu sering mengaplikasikan pelembap. Untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih, sebaiknya fokuslah untuk membersihkan pori-pori untuk mencegah munculnya jerawat. Beberapa kebiasaan mudah yang bisa mengurangi masalah kulit berminyak antara lain adalah:

    • Biasakan untuk membasuh wajah sehari sekali menggunakan pelembap. Karena terlalu sering menggunakan sabun wajah malah akan membuat wajah semakin berminyak.
    • Pilih pelembap dan penyegar yang mengandung bahan-bahan alami dan bebas dari alkohol. Untuk menjaga kesehatan kulit wajah, Anda juga bisa menempelkan es dan usapkan secara merata ke seluruh bagian kulit muka.
    • Seminggu sekali, gunakan masker yang mengandung bahan-bahan alami untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih.
    • Untuk mencegah munculnya jerawat, kurangi konsumsi gula dan karbohidrat sehingga tidak terjadi penumpukan glukosa yang mempermudah munculnya jerawat.

  4. KULIT KOMBINASI
    Jenis kulit kombinasi mungkin menjadi jenis kulit yang paling susah perawatannya karena kulit jenis ini terbagi menjadi area kering dan area berminyak. Tentu saja ke dua area kulit tersebut perlu perawatan yang berbeda. Biasanya kening dan hidung adalah area berminyak sedangkan sekitar mata dan pipi area kering. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah-masalah kulit kombinasi:

    • Biasakan untuk membasuh wajah dengan facial foam sehari sekali. Setelah itu, gunakan pembersih wajah untuk menyempurnakannya.
    • Gunakan toner yang dibuat untuk mengatasi masalah kulit berminyak di bagian kening dan hidung untuk mengurangi masalah kulit berminyak.
    • Sedangkan untuk merawat area pipi dan sekitar mata, aplikasikan pelembap untuk menjaga kadar air pada wajah Anda.
    • Seminggu sekali, gunakan masker yang mampu memperkecil pori-pori Anda. Setelah itu bersihkan area kulit berminyak dengan scrub.

  5. KULIT SENSITIF Jenis kulit sensitif biasanya mudah mengalami masalah jika Anda mengenakan produk yang salah. Saat tidak cocok dengan kosmetik yang Anda pakai, kulit akan menjadi sangat berminyak atau sebaliknya, menjadi sangat kering. Tapi jangan khawatir, kami punya panduan mudah untuk mencegah masalah yang mungkin timbul pada kulit sensitif Anda.

    • Jangan sembarangan mengonsumsi makanan. Sebaiknya pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan protein organik yang terdapat pada beberapa jenis makanan seperti yogurt dan sayur-sayuran.
    • Hindarilah berdiet karena bisa menyebabkan masalah kulit menjadi sangat kering atau malah iritasi.
    • Saat menggunakan pelembap, pastikan produk yang Anda gunakan tidak mengandung petroleum untuk mencegah munculnya berbagai masalah.
    • Seminggu sekali, kenakan masker yang mengandung bahan-bahan alami yang baik untuk kulit sensitif.
    • Untuk menjaga kelembapan kulit, gunakan sunscreen dengan SPF 30 setiap kali Anda keluar ruangan untuk mencegah terjadinya iritasi.

      Teks: Diah Nuraini
      Foto: Background image created by Yanalya - Freepik.com